Minggu, 18 Juni 2017

TARI LEKO SEBAGAI TARI YANG HAMPIR PUNAH DI TABANAN



Tarian leko merupakan tarian hampir punah yang berada di Banjar Tinungan, Desa Apuan, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Jenis pementasan tarian leko menyerupai tarian joged. Tarian Leko ini bukan kategori tarian sakral. Tarian ini juga sangat jarang di pentaskan dalam ritual keagamaan. Biasanya Tari Leko lebih sering dipentaskan dalam peringatan ulang tahun sekaa teruna teruni. Alasan tarian tersebut dinamai Leko karena instrument yang digunakan mengiringi tarian ini semuanya terbuat dari bahan baku bambu. Adapaun instrument pengiring tarian ini di antaranya adalah tingklik, kempul, kempli, kendang, cengceng, dan jegong. Tarian Leko ini lebih mengutamakan pakem atau tidak berisi gerakan erotis. Hal tersebut menyebabkan peminat tarian Leko relatif sedikit. Tarian Leko menggunakan gelungan (hiasan kepala pada penari).
Kesenian Leko yang berada di banjar tersebut merupakan warisan, telah ada dan aktif sebelum tahun lima puluhan dan tidak aktif lagi tahun enam puluhan. Joged jenis ini menampilkan gerak tarian menyerupai gerak tari legong keraton sebagai pementasan, penampilan joged Leko diawali dengan condong yang dibawakan oleh seorang penari dengan gerak – gerak abstrak, lalu dilanjutkan dengan kupu – kupu tarumyang dibawakan oleh sepasang penari untuk menggambarkan kemesraan sepasang kupu – kupu yang bercengkrama di sebuah taman bunga. Usai kupu – kupu tarum, penampilan dilanjutkan dengan Onte yang juga dibawakan secara berpasangan. Disusul kemudian dengan Goak Manjus yang menggambarkan sepasang burung gagak sedang mandi dengan riangnya. Terakhir, tampilan joged yang dibawakan beberapa penari yang di tampilkan secara bergiliran. Setiap penari menunjuk salah satu laki – laki dari kerumunan penonton yang akan diajak sebagai pasangang menari dalam beberapa putaran. 
           Gambar diatas adalah gambar dua orang perempuan yang sedang menarikan Tarian Leko





Daftar Pustaka
Mudra, I Wayan. 2011. “Rekontruksi Kesenian Leko Di Banjar Adat Tinungan”. Dalam repo.isi-dps.ac.id. Diunduh pada 17 Juni 2017.
Balipost.2017. “Tari Leko”. Dalam www.balipost.com. Diunduh pada 17 Juni 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar