Minggu, 11 Juni 2017

KEGUNAAN DAUN PIDUH ATAU DAUN KAKI KUDA



 Piduh atau pegagan atau daun kaki kuda adalah tanaman liar yang banyak tubuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Gegunaan daun piduh atau daun kaki kuda ialah :
1.      Demam atau obat panas
Daun piduh atau daun kaki kuda bisa dipergunakan untuk mengobati deman atau obat panas. Cara mempergunakan daun piduh atau daun kaki kuda ialah dengan cara mencuci bersih daun piduh atau daun kaki kuda dengan bersih, rebus dengan air, setelah selesai direbus kemudian disaring. Sebaiknya diminum 2 kali dalam sehari.
2.      Panas dalam
Daun piduh atau daun kaki kuda bisa dipergunakna untuk mengatasi panas dalam. Cara mempergunakan daun piduh atau daun kaki kuda ialah dengan cara mencari daun piduh atau daun kaki kuda secukupnya, kemudian bersihkan daun piduh atau daun kaki kuda tersebut. Lalu daun tersebut diremas – remas atau bisa juga diblender dandi campur dengan air. Setelah diblender atau diremas – remas kemudian disaring dan dicari airnya. Setelah mendapat air dari daun piduh atau daun kaki kuda tersebut kemudian dicampur dengan madu. Lalu bisa diminum. Sebaiknya meminum air daun piduh atau daun kaki kuda tersebut sebanyak 2 kali sehari.
3.      Untuk menyegarkan tubuh
Bahan yang diperlukan ialah daun piduh atau daun kaki kuda, kunyit dan madu. Kunyit yang melancarkan peredaran darah dan daun piduh atau daun kaki kuda yang menambah nafsu makan dan tumbuh kembali menjadi segar. Cara mempergunakannya ialah kupas dan cuci bersih kunyit lalu ditumbuk. Beri 1 gelas air matang kemudian aduk semua termasuk daun piduh atau daun kaki kuda. Kemudian disaring. Saat akan diminum diberi madu dan perasan jeruk nipis. Sebaiknya diminum 1 kali sehari.
Gambar diatas adalah gambar daun piduh atau daun kaki kuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar