Minggu, 18 Juni 2017

KEGUNAAN DAUN LEGUNDI ATAU LILIGUNDI

Daun legundi atau bisa juga disebut daun liligundi merupakan pohon kecil dan memiliki bunga warna ungu. Tanaman legundi atau liligundi biasanya tumbuh di semak – semak dan bisa juga terdapat di pesawahan. Tanaman liligundi digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan tradisional. Kegunaan daun legundi atau liligundi ialah :
1.      Sebagai pengusir nyamuk
Daun legundi atau daun liligundi ini biasanya dipakai untuk mengusir nyamuk. Cara penggunaanya cukup sederhana ialah dengan cara mencari daun legundi atau liligundi tersebut kemudian di bakar sebentar hingga baun khas dari legundi atu liligundi itu tercium. Kemudian taruh diruangan yang banyak nyamuknya.
2.      Obat batuk
Selain dapat mengusir nyamuk daun legundi atau daun liligundi juga dapat digunakan sebagai obat batuk. Cara menggunakannya ialah mencari daun legundi atau daun liligundi secukupnya kemudian haluskan daun tersebut berserta di isi dengan garam secukupnya. Kemudian dioleskan pada dada.
3.      Obat untuk penghangat tubuh
Daun legundi atau liligundi juga dapat digunakan untuk penghangat tubuh atau bisa juga disebut “boreh”. Cara penggunaanya ialah mencari daun legundi atau liligundi secukupnya kemudian haluskan daun tersebut beserta pamor secukupnya. Setelah itu di oleskan pada seluruh badan. 


 Gambar diatas adalah gambar dari daun Legundi atau Liligundi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar