Minggu, 18 Juni 2017

KEGUNAAN TANAMAN GEMITIR



Tanaman gemitir ialah salah satu tanaman yang cukup dikenal di kalangan masyarakat di Bali.  Khususnya bunga gemitir yang hampir setiap hari digunakan untuk keperluan upacara keagamaan di Bali. Selain sebagai keperluan upacara keagamaan di Bali, tanaman gemitir juga mempunyai kegunaan sebagai berikut :
Kegunaan Daun Gemitir :
1.      Obat kesleo atau patah tulang
Daun gemitir bisa digunakan untuk mengobati kesleo pada tulang atau patah tulang. Cara penggunaannya ialah dengan cara mencari daun gemitir secukupnya, bersihkan daun gemitir kemudian daun gemitir, bawang merah dan garam tersebut di haluskan. Setelah dihaluskan dipakaikan pada kaki atau tangan yang mengalami kesleo atau patah tulang tersebut.

Kegunaan Bunga Gemitir :
1.      Obat kusta pada kulit
Selain daun gemitir, bunga gemitir juga dapat digunakan sebagai obat kusta pada kulit. Cara menggunakannya ialah bunga gemitir tersebut langsung digosokkan pada kulit yang mengalami kusta.
2.      Obat Gatal – Gatal pada kulit karena bekas gigitan nyamuk atau kena ulat
Bunga gemitir juga dapat digunakan sebagai obat gatal – gatal pada kulit. Cara menggunakannya sama seperti cara yang diatas, yaitu dengan cara bunga gemitir langsung digosokkan pada kulit yang mengalami gatal – gatal.
Gambar diatas adalah Tanaman Gemitar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar