Kamis, 19 Oktober 2017

SISA LOVINA FESTIVAL



01 Oktober 2017
SISA LOVINA FESTIVAL
 Dermaga yang dihias pada saat Lovina Festival berlangsung

Pantai Lovina merupakan salah satu obyek wisata di Bali Utara yang bertempat di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. Pantai Lovina memiliki pasir yang berwarna hitam dan kelihatan alami. Tidak hanya terkenal dengan pantai yang indah namun Pantai Lovina terkenal dengan banyaknya lumba – lumba yang ada disana. Di areal tepi pantai banyak terlihat perahu nelayan yang berjejeran. Kebanyakan masyarakat disana mata pencariannya sebagai nelayan.  Pada sore hari nelayan – nelayan yang ada disana bersiap – siap untuk berangkat ke tengah laut untuk mencari hasil tangkapannya.
Selain banyaknya toko – toko yang menjual berbagai oleh – oleh khas Bali, di Pantai Lovina juga terdapat penjual gelang keliling yang diedarkan oleh anak kecil. I Gede Mardika (8) mengatakan ia menjual gelang – gelang tersebut sepulang sekolah dan dijual dengan harga 10 ribu perbijinya. Dia terlihat sangat senang dengan pekerjaanya yang menjual berbagai parian gelang. Selain pintar menawarkan berbagai parian gelang yang diatawarkannya, I Gede Mardika terlihat sangat lancar berbincang dengan wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Lovina. Dengan usianya yang sangat belia dia sudah lancar berbincang dengan wisatawan asing yang ada disana. Tidak hanya I Gede Martika namun banyak anak kecil yang menjual berbagai parian gelang di Pantai Lovina.
Pada saat berkunjung ke Pantai lovina tidak hanya wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Lovina, namun terdapat wisatawan lokal yang mengunjungi pantai lovina. Minggu, (01/10/2017) terdapat sekelompok murid yang berseragam merah berkerumunan mengelilingi seorang wisatawan asing. Sekelompok murid tersebut berasal dari salah satu kursus bahasa inggris yang terdapat di Kota Singaraja. Tidak hanya belajar di kelas kursus bahasa inggris mereka juga langsung terjun kelapangan untuk mempraktekkan pelajaran yang dipelajari dikelas kursus mereka. Mereka  terlihat mewawancarai salah satu wisatawan asing yang ada di Pantai Lovina.
Pantai Lovina terlihat semakin indah dengan adanya dermaga yang dihiasi oleh hiasan yang menarik. Banyak wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang tertarik mengabadikan momen mereka di dermaga yang terdapat di Pantai Lovina. Dermaga tersebut dihiasi oleh bambu dan berbagai parian warna umbul – umbul membuat dermaga tersebut semakin terlihat menarik. Hiasan di dermaga tersebut ialah sisa dari acara Lovina Festival yang diselenggarakan pada bulan lalu. I Made Cita mengatakan hiasan dermaga tersebut sengaja di sisakan agar para pengunjung Pantai Lovina semakin tertarik mengunjungi Pantai Lovina.
Selain berjualan, pedagang – pedagang yang ada di Pantai Lovina juga memiliki kegiatannya masing – masing. Ni Nyoman Dani salah satu pedagang yang berada di Pantai Lovina terlihat memotong sayuran kemudian dimasak. Kegiatan tersebut dilakukan karena tidak adanya wisatawan yang mengunjungi dagangannya. Selain Ni Nyoman Dani, pedagang – pedagang lainnya juga terlihat mengobrol di depan dagangannya. Ada juga telihat ibu – ibu yang sedang menyirami jalan setapak yang berada di depan dagangannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar