Sabtu, 02 Desember 2017

DONGENG



Harimau Dan Rubah
Seekor harimau sedang sibuk mengasah taringnya pada sebuah batang pohon. Bertepatan dengan saat itu, secara kebetulan lewatlah seekor Rubah. Rubah yang suka mengolok-olok teman-teman dan tetangganya, langsung mengolok harimau dengan berpura-pura melihat kesana-kemari, seolah-olah takut pada musuh yang tidak terlihat. Tetapi sang Harimau tidak memperdulikan tingkah sang Rubah dan tetap melanjutkan pekerjaannya.
“Mengapa engkau melakukan hal tersebut? Saya tidak melihat ada musuh dan bahaya di sini.” kata sang Rubah dengan senyum mengejek.
“Kamu benar, memang sekarang tidak ada musuh dan bahaya yang mengancam, tetapi ketika musuh benar-benar datang, saya tidak akan sempat mengasah taring saya lagi seperti sekarang. Saat musuh dan bahaya datang ke sini nantinya, setidak-tidaknya saya telah memiliki senjata untuk menghadapinya.” Jawab Harimau.
            Rubah seakan – akan tidak terima dengan jawaban Harimau lalu mengganggu Harimau yang sedang mengasah taringnya. Harimau pun merasa kesal diganggu oleh Rubah, lalu Harimau pergi dan tidak menghiraukan Rubah itu lagi. Suatu hari Rubah ingin mengolok – ngolok Harimau. Rubah mendekati Harimau dengan panik dan berkata dia diburu oleh pemburu yang datang ke hutan dan menyuruh Harimau membantunya. Harimau pun dengan senang hati membantu Rubah.
“ Harimau, harimau, tolong aku, aku dikejar oleh pemburu” kata Rubah dengan nada yang sangat panik.
Karena sudah mengasah taringnya, Harimau pun mau membantu Rubah untuk mengusir pemburu yang datang ke hutan.
“ Dimana pemburu itu?” tanya Harimau dengan tegas.
“Disana, di tepi hutan” kata Rubah.
Rubah pun ketawa dalam hatinya karena sudah berhasil mengolok – ngolok harimau. Harimau pun pergi ke tepi hutan untuk mencari pemburu yang dikatakan oleh Rubah. Sudah lama mengelilingi tepi hutan namun Harimau tidak juga menemukan pemburu yang dikatan oleh Rubah. Lalu Harimau kembali ketengah hutan. Pada saat perjalanan ke tengah hutan. Harimau bertemu dengan Rubah.
“Hei Rubah, kau menipuku ya?” Kata Harimau.
“Hahahaha  . . . kau kena olok – olokku” kata Rubah sambil tertawa.
Harimau pun marah dengan Rubah karena telah mengolok – ngolok Harimau.

Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari dongeng Harimau dan rubah ini adalah Selalulah siap siaga dan waspada dengan ancaman yang akan datang.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar